MENYUSURI JAWA – BALI (LEBARAN 2011), Hari ke-1 dan ke-2

Libur lebaran tahun ini mungkin akan selalu berkesan karena kami melakukan perjalanan yang sangat panjang. Berawal dari cerita di milis jalan sutra tentang mudik dan juga libur lebaran. Ada cerita tentang perjalanan darat bdg-bali. Wah, sepertinya seru juga tuh. Apalagi tahun ini saya bisa mendapatkan libur  panjang tanpa di potong cuti.

Setelah diskusi dengan suami  dan bongkar pasang tujuan liburan, akhirnya diputuskan akan mencoba rute jawa-bali pakai mobil . peserta nya : saya, suami , raza (3thn) dan yang mengasuh raza (60thn). Ini adalah perjalanan nekad. Bayangkan, rencana baru tersusun 10 hari  menjelang keberangkatan. Belum booking hotel. Sedikit pesimis, mengingat perjalanan kami akan dilakukan pada saat libur lebaran, dimana semua orang pasti sudah merencanakan jauh2 hari. Mencari hotel di bali cukup sulit juga, semua sudah full. Harganya pun sudah naik dari biasanya. Begitu dapat, langsung kami ambil. Lokasinya di sekitar kuta-legian. Saya tidak terlalu perhatian masalah ini karena saya pikir, masih beruntung lah masih dapat hotel saat waktunya sudah mepet. Belakangan saya agak menyesal, bukan karena hotelnya, tapi lokasi untuk menuju ke hotel yang sangat macet..

Karena bertepatan dengan musim mudik lebaran, maka kami berangkat 2 hari sebelum puncak arus mudik. Rute kami adalah jalur pantura. Kami berangkat jam 2 pagi. Jalanan masih relative sepi, walaupun pemudik lain juga ada tapi belum terlalu banyak. Melewati Cirebon, brebes, tegal, pemalang, pekalongan dan sekitar jam 10.00 kami tiba di semarang. Kami sempat di istirahat 2 kali sebelum tiba di semarang. Karena lelah, suami saya pun akhirnya membatalkan puasanya. Kami makan pagi menjelang siang di soto bangkong semarang. Tidak lupa beli sedikit jajanan di pandanaran untuk di perjalanan berikutnya. Setelah cukup beristirahat kami segera melanjutkan perjalanan menuju ke Surabaya. Rencana kami akan bermalam disana. Jam 12.00 kami keluar semarang, melewati demak, kudus, pati, rembang, tuban, gresik. Di jalur ini Cuaca yang sangat panas dan agak gersang. Tapi jalanan cukup mulus dan masih sepi dari pemudik, sehingga kami bisa lebih cepat memacu kendaraan kami. Banyak pengalaman saya (terutama) selama melewati jalur ini. Apalagi saat melewati tuban, dimana di sisi kiri terbentang laut, yang mengingatkan saya akan cerita pramoedya ananta toer tentang kemansyuran pantai-pantai di utara ini.

Jam 04.00 kami mulai memasuki Surabaya. Berbekal peta yang kami beli di jalan, kami segera mencari hotel widodaren (rekomendasi pak wawan ayung di milis jalan sutra, makasih pak..!). Hotel widodaren terletak di jalan widodarenno 5-7. Hotel bintang 1 yang merupakan group dari garuda Indonesia. Hotelnya cukup bersih walaupun kamar tidak terlalu luas, tapi cukuplah buat kami semua beristirahat. Kamar yang kami pesan adalah deluxe plus extra bed seharga 382 ribu termasuk sahur dan buka puasa (ala kadarnya). Kami menginap 2 malam di Surabaya, selain agar suami dapat beristirahat dan memulihkan tenaga juga untuk mencoba jembatan suramadu. Oh ya, yang menyetir mobil adalah single player alias hanya suami saya sendiri, tidak bergantian. Makanya saya menamakan perjalanan ini adalah perjalanan nekad.

Setelah check in, kami segera istirahat dan membersihkan badan. Setelah itu kami mencari makanan untuk makan malam. Malam ini kami tidak kemana-2 karena semua sudah sangat lelah. Hal menyenangkan dari perjalanan hari ini adalah, raza sangat sangat kooperatif, dalam arti dia sama sekali tidak rewel dan terlihat fit sampai kami tiba di Surabaya. Sungguh perjalanan yang sangat menyenangkan.

Hari ke-2

Karena masih bulan puasa, suami  saya ludfi, masih bangun untuk sahur. Saya dan yang lainnya tidak berpuasa. Beruntung pihak hotel menyediakan sahur jadi ludfi bisa sahur dengan makanan yang hangat. Hari ini kita bangun agak siang, karena hari ini kami masih akan di Surabaya. Sebelum jalan-2, kami mampir dulu ke bengkel yang terdekat. Sepertinya mobil kami harus di balancing setelah menempuh perjalanan kemarin. Selesai dari bengkel, kami menuju tunjungan plaza, yang ternyata jaraknya sangat dekat dengan hotel kami. Tunjungan plaza merupakan salah satu mall terbesar di Surabaya, yang terdiri dari 4 blok, dengan nama TP1, TP2, TP3,dan TP4 yang saling menyambung. Seperti layaknya mall besar dib dg ataupun Jakarta, tunjungan plaza pun berisi toko-2 dengan merk-2 brand luar. Secara keseluruhan mall ini sama dengan mall lainnya. Kami disini tdk terlalu lama, hanya mengajak raza makan dan main sekedarnya untuk mengurangi kebosanan selama perjalanan. Setelah itu kami akan menuju jembatan suramadu.

Jembatan suramadu adalah jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Diresmikan pembukaannya oleh Presiden SBY pada tahun 2009. Untuk melintas diatas jembatan ini, dikenakan biaya sebesar  30rb sekali jalan. Sayang kami tidak bisa berhenti untuk berfoto. Tapi melintas diatasnya saja sudah cukup untuk pengalaman kami. Tapi sayang kami tidak bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Madura karena keterbatasan waktu.

Kembali ke Surabaya, kami mampir ke bengkel kembali. Kali ini, klakson mobil kami bermasalah. Untungnya hal ini bisa segera diatasi. Setelah itu kami kembali ke hotel dulu untuk beristirahat, karena ludfi masih berpuasa dan cuaca diluar sangat panas.

Sore hari kami keluar untuk membeli makanan berbuka puasa. Kali ini kami mencoba rawon yang dijual di sekitar hotel. Oh ya, di depan hotel widodaren ternyata ada banyak penjual buah-2an, salah satunya durian. Sayang saya tidak sempat untuk mencicipinya, karena ga ada lawan..hehe…

Malamnya, iseng-2 dikamar hotel saya buka foursquare, ternyata di sekeliling hotel banyak sekali tempat makan. Akhirnya saya dan ludfi keluar berdua, jalan kaki menyusuri jalanan sekitar hotel dan menemukan bakmi ayam yang enak. Akhirnya kami makan sambil menyusun rencana untuk esok.