JAWA – BALI (LEBARAN 2011), Hari ke-3

Hari ke-3

Keesokan harinya, selepas makan sahur dan sholat shubuh, kami langsung check out. Sengaja kami berangkat pagi untuk menghindari berbagai macam kemacetan dalam perjalanan menuju banyuwangi. Terutama di sekitar gempol.

Untungnya raza ga rewel sama sekali saat kami bangunkan. Didalam mobil malah meneruskan kembali tidurnya… anak pinter!. Jam 5.00 pagi kami sudah ada di jalan tol. Rute kami hari ini melewati sidoarjo, pasuruan probolinggo, situbondo, banyuwangi. Diselingi istirahat dan mengisi bensin. Beruntung perjalanan kami lancar tanpa ada kemacetan. Sepanjang perjalanan, banyak yg saya lihat, udara tidak sepanas jalur pantura kemarin, kiri kanan kadang di selingi pemandangan sawah dan gunung di kejauhan. Melewati hutan yang gundul akibat kekeringan dan melewati paiton, yang terkenal dengan pembangkit listriknya. Paiton seperti komplek terpadu, bahkan saya lihat seperti ada komplek resortnya.

Jam 09.30 kami tiba dibanyuwangi. Sebelum menyebrang ke pulau bali, kami sempatkan untuk mengisi bahan bakar dan sedikit bersih-2 di toilet SPBU. Mendingan ke toilet spbu daripada di kebelet di kapal, lebih paraaahh…🙂

Memasuki terminal penyebrangan gilimanuk, kendaraan yg akan menyebrang cukup banyak. Biaya penyebrangan adalah 114rb. Kami mengantri sekitar 1 jam sebelum bisa masuk ke kapal. Lama penyebrangannya sendiri sekitar 30 menit. Di dalam kapal sudah terlihat pemandangan pulau bali.

Sekitar jam 11.00 kami keluar kapal, terjadi antrian lagi. Kali ini pengecekan surat kendaraan dan identitas sebelum memasuki pulau bali. Cuaca sangat panas saat kami memasuki kabupaten jembrana bali. Karena tidak tahan, ludfi akhirnya membatalkan puasanya dan kami makan siang di sekitar pelabuhan dengan menu ayam betutu. Makan siang yg nikmat…

Beres makan siang sekitar jam 13.00 waktu bali (ada perbedaan waktu 1 jam dengan pulau jawa) kami segera melanjutkan perjalanan menuju bali selatan. Arah menuju pelabuhan gilimanuk terlihat padat, antrian cukup panjang. Kebayang nanti pulang nya, kami pasti akan mengalami hal itu…

Perjalanan ke kuta legian sekitar 3 jam. Disuguhi pemandangan yg cukup indah. Kadang-2 ada sawah, kadang-2 laut di sebalah kanan jalan. Rutenya Negara, tabanan dan denpasar. Jam 17.00 kami tiba di hotel maxi. Hotelnya terletak di jalan legian kuta. Hotelnya sendiri tidak bermasalah, dalam arti, tempatnya bersih, kamar luas, pelayanan bagus. Yang jadi masalah, letak hotel tsb adalah jalur macet apalagi sore sampai menjelang pagi. Mana di depannya adalah pub yang dentuman musiknya bisa masuk sampai ke kamar. Tapi ludfi sangat menyukai suasana hidup seperti itu, meriah katanya,,, ya sudahlah, yang penting bisa beristirahat. Lagian, karena kita pulang ke hotel dalam keadaan lelah, saat tidur udah ga kedengaran lagi suara-2 berisik itu,,,

Selesai check in dan memasukan barang-2 ke kamar, kami segera keluar menuju pantai kuta yang ternyata jaraknya cukup jauh dengan berjalan kaki. Bila pakai kendaraan dipastikan akan macet karena pada saat sunset, suasana di kuta ramai sekali. Raza terlihat sangat senang dibawa ke pantai, sudah kepengen lari aja, tapi karena suasana cukup ramai, saya menahannya takut ga kekejar.

Selesai melihat sunset, kami kembali ke hotel, bersih-2 dan keluar untuk makan malam. Kali ini menu nya nasi pedas di jalan raya tuban. Bener-2 pedas tapi enak. Raza makan ayam goreng. Beres makan dilanjutkan keliling denpasar, mampir ke krisna toko oleh-2. Sekedar cek harga, bila nanti akan membeli oleh-2. Karena selain pusat oleh-2 krisna atau erlangga, ada juga pasar sukowati, tp seperti pada umumnya di pasar tradisional kita harus pandai menawar dan tahu harga, karena apabila kita tidak tahu terkadang penjual suka seenaknya member harga apalagi pada pendatang seperti kami. Di krisna saya hanya membeli kacang bali dan luluran untuk mandi besok, karena setelah 3 hari perjalanan badanya rasanya perlu di scrubing untuk meluruhkan segala kotoran yang menempel di badan selama perjalanan