HK TRIP 2012 (1)

Kami (berdua suami) baru saja pulang jalan jalan a la backpacking ke HK-SZ-GZ dan Macau. Semua keperluan kami urus sendiri. Tiket kami pesan 9 bulan yang lalu, saat ada promo. Semula rutenya adalah Bdg-HK via medan, tapi di bulan agustus 2011, penerbangan Air asia ke HK via medan ditutup. Kami diberi beberapa pilihan, refund uang, berangkat sblm tgl penutupan atau reroute yang semula via medan dialihkan ke KL. Kami sempat memilih opsi berangat sebelum tgl penutupan jalur, tetapi tidak bisa dengan alasan sudah penuh. Akhirnya kami memilih reroute pada tanggal yang sama.

Karena masih banyak waktu, kami jadi sempat bongkar pasang rencana. Rencana ke SZ kami tambah ke GZ, karena kami berencana untuk mengambil visa china di indo, sayang kalau hanya dipakai ke SZ. Sebetulnya kami bisa saja mengambil VOA kalau hanya untuk ke SZ tapi kami khawatir VOA di SZ buka tutup jadi daripada beresiko kami siapkan visa sebelum keberangkatan.

Untuk hotel dan itinerary selama di perjalanan sudah kami siapkan sedetail mungkin. Sekarang, perjalanan kemana saja, infonya bertebaran di internet. Hanya di perlukan sedikit kemauan untuk membaca info-2 yang ada di internet, semua yang dibutuhkan lengkap tersedia dan rasanya uang kami tidak cukup kalau harus ikut tour via travel. Alhamdullilah perjalanan semua lancar, hampir semua yang di rencanakan terealisasi.

Day-1

Jam 08.30 pesawat air asia membawa kami dari bandara husein sastranegara menuju LCCT. Sampai di LCCT jam 11.30 waktu Malaysia. Setelah pemeriksaan imigrasi, kami segera mencari tempat makan. Lumayan penuh, karena memang waktunya makan siang. Seperti biasa, kami makan di taste of asia, menunya nasi lemak. Tidak disangka ternyata porsinya lumayan besar, berdua habis RM 24 sdh termasuk air mineral.

transit @kuala lumpur LCCT

Kami akan meneruskan penerbangan menuju HK jam 16.40, jadi sisa waktu kami pergunakan untuk sedikit membersihkan diri di bandara. Karena sudah self check in dan tidak ada bagasi, kami segera menuju ke counter imigrasi kembali. Sambil menunggu boarding kami leyeh-2 di ruang tunggu terminal LCCT.

Pesawat lepas landas dari LCCT tepat jam 17.00. perjalanan menuju HK ditemput selama 3 jam 20 menit. Kami mendarat di bandara HK sekitar jam 20.20. Bandaranya besar, mirip bandara di Bangkok tetapi lebih bagus dan ramai. Antrian imigrasi cukup banyak, tetapi petugas mengatur dengan baik sehingga proses imigrasi tidak memakan waktu lama. Beres cap paspor, kami segera mencari counter tourist information untuk mengambil brosur/Map yang akan sangat berguna sekali untuk turis pas-2an seperti kami ini😀

Setelah itu kami mencari counter yang menjual octopus card. Octopus card adalah kartu yang berfungsi ganda, bisa untuk membayar biaya transportasi (bis, MTR, ferry, tram, dll) juga bisa digunakan untuk belanja di minimarket 7eleven, dll. Harga kartu octopus adalah HKD 150. HKD 50 untuk deposit yang bisa direfund pada saat kepulangan nanti, HKD 100 bisa digunakan untuk bermacam keperluan dan bila memerlukan tambahan bisa di top up di seluruh counter di stasiun MTR.

Setelah itu kami keluar bandara untuk mencari bis yang akan membawa kami ke hostel di Nathan road. Walaupun ini perjalanan pertama kami ke HK, kami tidak terlalu kesulitan karena petunjuk arah sangat jelas dan kami sdh punya “bekal” catatan yang kami buat sebelumnya sehingga dengan mudah kami bisa menemukan tempat pemberhentian bis. Untung kami sudah membeli octopus, biaya perjalanan sebesar HKD 33, bisa langsung kami gesek dengan kartu octopus kami. Kalau memakai uang tunai, harus dengan jumlah yang pas karena sopir tidak menyediakan uang kembalian.

@bandara HK, menunggu bus ke Nathan rd

Cuaca di HK malam itu sedikit dingin, mungkin di kisaran 15⁰c. tapi masih cukup nyaman lah. kami merapatkan jaket yang sudah kami siapkan. Segera antri di depan bus stop bernomor A21. Tidak lama kemudian bis pun datang. Perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit. Kami berhenti di stop an ke 13, sesuai dengan petunjuk yang diberikan pihak hostel. Oh ya, untuk malam pertama ini kami menginap di cosmic guest house mirador mansion dengan rate HKD 280/malam. Dari awal kami sudah mempersiapkan diri, seandainya hostel yang kami pesan ini tidak sama dengan harapan kami.

Tiba di hostel, setelah check in kami diberikan kamar yg sangat imut-2.. hehe,,, untungnya tempatnya bersih. Bergitupun kamar mandinya. Selesai masukin barang ke kamar kami turun kembali, jalan-2 sekitar tempat kami menginap. Salah satu kelebihan menginap di Nathan road adalah kemana-2 dekat. Akses transportasi pun mudah, baik itu MTR, ferry, bus, dll. Tempat makan pun banyak. Sayang kami harus pandai-2 memilih karena takut mengandung yang tidak seharusnya kami makan.

Setelah puas jalan-2 sekitar, kami kembali ke hostel. Udara yang cukup dingin, membuat saya terutama, berat untuk melangkahkan kaki untuk mandi. Alhasil malam itu, saya tidur tanpa mandi, untung kami mendapat tempat tidur yang terpisah, jadi suamiku terbebas dari segala macam aroma yg pastinya jauh dari harum…