Cerita Lebaran 2012….. (3)

Day-3

Hari ini, tanggal 19 agustus 2012, bertepatan dengan hari lebaran. Kali ini, hari raya lebaran dirayakan secara bersamaan. Tidak seperti tahun lalu, ada perbedaan. Kami melalukan sholat ied di lapangan depan hotel tempat kami menginap. Sepertinya sholat ied kali ini, agak kurang khusyu, flu yang tambah parah membuat saya sulit berkonsentrasi saat sholat.  Selesai sholat kami makan pagi di hotel.  Karena hari lebaran menu makan pagi nya agak special, ada tambahan makanan khas solo dan juga ketupat. Lumayan mengobati kerinduan suasana lebaran di rumah. Beres makan pagi, kami beres-2 barang karena hari ini kami akan check out dan akan menuju yogya. Perjalanan menuju yogya sangatlah lancar, hanya memerlukan waktu kurang dari 60 menit, kami sudah tiba di yogya. Mungkin karena masih pagi, dan orang orang masih bersilahturahmi, jadi jalanan belum padat.

Di yogya kami menginap di ameera butik hotel di jalan dagen.  Kelebihan hotel ini adalah sangat dekat dengan kawasan malioboro. Kalau kamarnya sih biasa aja, cenderung kecil. Kondisi kamar cukup bersih. kamar mandinya  sempit, mana pakai gentong-2 a la jawa lagi. Di sepanjang jalan dagen, berjejer hotel-hotel budget, baik yang baru buka, seperti  all seasons, whizz hotel, jentra dagen, atau hotel-hotel  yang sudah lama. Karena kami datang saat puncak liburan, bisa dipastikan walaupun hotel budget, harganya sudah tidak budget lagi. Dan yang penting, bersyukur dapat hotel. Karena kami lihat, banyak yang coba-coba datang tapi belum punya reservasi kamar. Yang ada adalah keluar masuk hotel menanyakan ada kamar kosong. Kalaupun ada, harganya sudah naik pula.

Setelah check in, kami segera masuk kamar. Ngadem. Udara di luar panas banget. Untungnya di sekitaran hotel banyak rumah makan, bahkan gudeg yu jum pun ada, jadi ga usah jauh-2 cari makan.  Sore nya kami hanya jalan-2 disekitaran malioboro saja, yang hari itu sangat sangat ramai. Padahal sebagian besar toko tutup. Yang berjualan hanya pedagang-pedagang kaki lima, yang jualannya di serbu pengunjung. Kami juga menyempatkan naik delman keliling malioboro. Harganya sudah ikut-ikutan naik, satu keliling, bayar 60 ribu. Ga peduli yang naik 2 org atau 10 orang. Sebelum jam 21.00 kami sudah berada di hotel lagi. Pusing kalau terlalu lama lihat keramaian.

Day-4

Kalau ke yogya tidak beli batik rasanya ada yang kurang pas. Tapi berhubung hari ini masih lebaran, sebagian besar toko masih tutup. Memang di malioboro sebagian ada yang buka, tapi toko besarnya seperti mirota belum buka. Mereka baru buka di hari-3 lebaran. Pasar beringharjo malah lebih lama lagi. Rata rata mereka libur semingguan. Tapi cabang mirota yang di kaliurang, pada hari kedua lebaran sudah buka. Ini saya baca dari pengumuman yang tertempel di dinding toko mirota malioboro. Jadi hari ini kami memutuskan untuk jalan-jalan ke kaliurang. Belum pernah juga tuh kesana.  Sesudah beres makan pagi, kami segera menuju kaliurang. Jarak malioboro kaliurang tidak begitu jauh, kira-2 30 menit berkendara kami sudah tiba di kawasan kaliurang. Mirota terletak di jalan kaliurang km 15.5 dekat kampus UII. Tapi berhubung kami datang kepagian, dan mirota masih tutup maka kami terus melanjutkan perjalanan menyusuri kaliurang ke atas. Mengikuti petunjuk arah menuju kali adem,,ternyata kami menuju ke kaki gunung merapi yang terkenal dengan mbah marijan nya. Di jalan kami banyak berpapasan dengan mobil-mobil jeep yang akan membawa pengunjung  melihat keindahan gunung merapi . tapi kami hanya sebentar di sana karena sepertinya wisata ini agak kurang cocok buat kami yang membawa balita dan orang tua. Tidak lama, kami turun kembali menuju ke kaliurang. Di tengah jalan kami mampir ke hotel cangkringan di desa umbulharjo. Hotelnya jauh ke pusat kota, tapi tempatnya yang nyaman, membuat saya ingin merasakan menginap disana suatu hari nanti.

Sambil jalan menju ke mirota, kami melihat ada rumah makan yang menjual soto ayam. Kami memutuskan untuk mencoba sekalian isi perut agar nanti bisa belanja dengan tenang di mirota. Diluar dugaan, ternyata soto ayamnya enak banget. Ayam rebus di potong kecil-2 (bukan di suwir) trus di siram kuah kaldu bening. Hanya itu saja, tapi sungguh enak…

Selesai makan, saatnya berburu batik di mirota kaliurang. Walaupun tempatnya lebih kecil di banding di malioboro, tapi tidak menyurutkan niat belanja. Puas berbelanja, kami kembali ke hotel. Cuaca panas membuat kami cepat lelah. Sore harinya kami baru keliling malioboro lagi,,, eh ternyata ada outlet batik keris yang sedang mengadakan diskon. Tanpa rasa bersalah (:D) masuklah batik sarimbit ke dalam tas belanjaan,,, duuhhh,,,

Malamnya kami beres-2 barang bawaan karena besok kami akan pulang ke bandung.

Day-5

Selesai sarapan, kami segera check out. sebelum pulang, kami melihat mirota malioboro sudah buka… ! penasaran kami mampir sebentar. Hasilnya beberapa potong batik mengisi kantong belanjaan. Takut tergoda lebih jauh lagi, saya segera meninggalkan mirota. Tujuan terakhir ke keraton. Seperti di solo, keraton hanya dibuka sebagian kecil untuk umum. Kami melihat-lihat sebentarsaja karena udara semakin panas, kami segera kembali ke mobil dan langsung melanjutkan perjalanan pulang. Kali ini rute nya adalah jalur selatan. Sebelum meninggalkan yogya, kami makan dulu sekalian isi bensin agar perjalanan nyaman. Perjalanan pulang di tempuh selama 14 jam, karena di beberapa titik kami terjebak macet. Sunggu perjalanan yang melelahkan….

ini beberapa foto di keraton yogya :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s