Madinah, City Tour

Hari ini rombongan kami akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di seputaran madinah. Jam 08.00 kami semua sudah berkumpul di lobby hotel, bus yang akan membawa kami pun sudah siap di depan hotel. Perjalanan pertama kami akan mengunjungi MESJID QUBA.

Mesjid quba terletak sekitar 5km dari madinah. Ini adalah mesjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad di madinah. Walaupun sudah datang pagi-pagi, suasana di mesjid quba sudah sangat ramai dengan berbagai rombongan.

Disunahkan bagi para pengunjung untuk shalat tahyatul masjid dua rakaat sebagaimana sabda Rasulullah Saw dalamHadits :

Artinya : Barang siapa yang keluar kemudian mendatangi Masjid ini yaitu Masjid Quba kemudian dia shalat dua raka’at di dalamnya, maka sebanding dengan orang yang melakukan umrah.” (H.R.Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah ).

Rombongan kami tidak lama di mesjid quba, setelah semua menunaikan sholat sunatnya, kami berkumpul disalah satu sudut mesjid quba untuk foto bersama (standar rombongan umrah…. J)

Image

Selanjutnya kami menuju Jabal uhud. Jabal Uhud adalah sebuah gunung batu yang terletak di tepi jalan mekkah medinah (5 km sebelah utara madinah).

Di perjalanan menuju Jabal uhud, pembimbing kami menceritakan sekilas tentang peperangan yang terjadi di jabal uhud tersebut. Perang yang dahsyat terjadi antara kamum muslimin melawan kaum musyrikin. Dalam pertempuran tersebut gugur para syuhada diantaranya, Hamzah bin Abdul Muthalib.

Beberapa anggota rombongan ada yang mencoba untuk naik ke jabal uhud. Tapi saya hanya menunggu di bawah saja, karena panas yang terik membuat saya tidak kuat untuk naik keatas.

Image

 

Image

Dari Jabal Uhud kami menuju ke mesjid qiblatain. Sayang , kami tidak berhenti di mesjid ini, hanya melihat dari jendela bus saja. Tetapi pembimbing menceritakan sejarah dari mesjid ini.

Meshid Qiblatain terletak sekitar 7km dari medinah. Mesjid ini terletak diatas bukit kecil di utara Harrah Wabrah Madinah. Dahulu dikenal dengan nama mesjid Bani salamah, karena dibangun diatas bekas rumah bani salamah.

Pada permulaannya, rasulullah SAW, sholat menghadap kea rah mesjidil Aqsa (Baitul maqdis di Yerussalem/palestina)

Pada bulan Rajab 12H, datang wahyu Allah melalui malaikat Jibril yang memerintahkan rasulullah saw agar arah kiblat dipindahkan ke masjidil Haram di Makkah. Saat itu Rasulullah sedang melaksanakan shalat dhuhur di mesjid tsb. Maka rasulullah pun segera menghentikan shalatnya dan berputar 180 derjat menghadap masjidil Haram. Jadi rasulullah melaksanakan shalat  dhuhur tsb dengan 2 rakaat menghadap  masjidil aqsa dan 2 rakaat lagi menghadap masjidil haram

Perjalanan di lanjutkan ke pasar kurma. Di pikiran saya, kalau pasar adalah kumpulan orang yang menjual berbagai macam kurma, tetapi ternyata, pasar yang di maksud adalah hanya sebuah tempat yang cukup besar  yang menjual macam-2 kurma beserta produk turunan nya. Mirip2 mini marketlah. Tapi lumayan lah,,,daripada capek keliling-2. Disini saya beli kurma azwa, yang ternyata jenisnya bermacam-2 juga, ada yg harganya  SAR 80,100, 120. Saya sendiri tidak bisa membedakan mana azwa yang mahal atau yang murah. Menurut saya sama saja. Tapi kalau dibandingkan kurma jenis lain, memang azwa berbeda. Oh ya, di medinah disekitaran mesjid nabawi pun banyak orang yang menjual buah-2an termasuk kurma yang masih segar dan bertangkai. Selain kurma, saya pun membeli coklat isi kurma. Kalau yang ini bisa dipastikan untuk oleh-2…

Selesai acara belanja kurma, kami kembali ke hotel. Waktu sholat dhuhur masih agak lama. Jadi bisa istirahat dulu di hotel sebelum ke mesjid. sisa hari di habiskan untuk sholat di nabawi diselingi jalan-2 di sekitar mesjid. besok kami akan menuju ke mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah 

Image

Image

Image

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s