Madinah – Makkah

Hari ini adalah hari terakhir kami di madinah. Nanti siang setelah sholat dhuhur dan makan siang, rombongan kami akan menuju makkah untuk melaksanakan umrah. Kemarin kami sudah diberitahu pembimbing segala sesuatu sebelum meninggalkan madinah dan juga untuk pelaksanaan umrah nanti.

Hari ini jatuh pada hari jumat, kami kaum perempuan bisa ikut melaksanakan sholat jumat di mesjid nabawi. Ini adalah sholat jumat pertama saya, karena di bandung tidak ada wanita yang mengikuti sholat jumat ke mesjid.

Karena ini adalah hari terakhir, sengaja saya dan ludfi memanfaatkan untuk waktu dengan berkeliling ke sekitar mesjid nabawi. Walaupun waktu untuk melaksanakan umrah masih nanti sore, saya sudah bersiap dengan pakaian ihram, tetapi ludfi masih memakai pakaian biasa karena untuk laki-laki pakaian ihram nya adalah kain yang tidak berjahit, termasuk tidak memakai celana dalam, jadi laki-laki biasanya akan berihram nanti setelah akan berangkat menuju mekkah.

Pagi-pagi kami sudah keluar hotel, jalan-2 dan mengambil beberapa foto…. J

DSCN0279

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DSCN0275

DSCN0347

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu kami menuju ke sebelah timur mesjid nabawi menuju ke pemakaman baqi. Baqi adalah tanah kuburan untuk penduduk madinah dan jemaah haji yang meninggal di madinah saat melaksanakan ibadah. Disini pula, beberapa keluarga rasulullah dimakamkan. Kami hanya melihat lihat saja di baqi karena memang tidak bisa memasuki sampai ke dalam areal pemakaman.

Saya baru teringat, di mesjid nabawi dan nanti di makkah, setelah sholat wajib, biasanya akan di ikuti sholat jenazah.

Dari pemakaman baqi kami kembali kearah mesjid nabawi, untuk melihat keindahan arsitektur mesjid yang begitu indah. Ini adalah beberapa sudut yang kami ambil gambarnya…….

DSCN0327

DSCN0310

 

 

DSCN0336

 

 

 

 

 

 

Menjelang sholat jumat, kami segera memasuki mesjid untuk sholat jumat berjamaah. Setelah itu kami kembali ke hotel untuk makan siang dan bersiap untuk menuju mekkah. Ini foto lautan manusia sepulang sholat jumat

Al Madinah Al Munawwarah-20130208-01492

Jam 15.00 tepat, rombongan kami berangkat menuju mekkah. Sebelumnya kami akan singgah di mesjid bier ali untuk mengambil miqat umrah. Secara harafiah miqat berarti batas. Yaitu garis batas antara boleh atau tidak, yaitu kapan mulai berniat umrah dan melintasi antara tanah biasa ke tanah suci.

Bier ali terletak 11 km dari madinah dan berlokasi ditepi jalan raya medinah mekkah.

Ini beberapa foto saat di mesjid bier ali……

Al Madinah Al Munawwarah-20130208-01496

 

 

 

 

Al Madinah Al Munawwarah-20130208-01497

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah berihram dan mengucapkan niat umrah Labbaika Allahuma umratan, maka berlaku larangan-2 ihram, diantaranya, dilarang memotong kuku, rambut, dilarang membunuh binatang, dilarang memaki dan mengeluarkan kata kata kotor

Selesai melaksanakan sholat 2 rakaat kami kembali ke bus. Suasana sudah jauh berbeda. Kami semua membacakan talbiyah.

Perjalanan menuju makkah ditempuh selama kurang lebih 5 jam, diselingi 1x berhenti untuk yang akan ke toilet atau sekedar meluruskan kaki. Sepanjang perjalanan kami semua melantunkan doa atau beristirahat. Jam 20.00 waktu mekkah, kami tiba di hotel. hotel kami hanya berjarak sekitar 300m dari masjidil haram. Namanya hotel amjad al jazeera. Setelah pembagian kamar, kami semua berkumpul di lobi hotel untuk bersama sama menuju masjidil haram untuk melaksanakan umrah. Di lobi, tersedia TV yang menyiarkan secara langsung suasana di seputar kabah, sehingga kami bisa melihat apakah sedang padat atau agak longgar. Kami mulai berumrah sekitar pukul 23.00 malam.

Tidak bisa digambarkan perasaan saya saat akan memasuki masjidil haram. Saya selalu berpegangan erat dengan ludfi. Begitu melihat dengan langsung kabah, tidak ada kata-2 yang bisa keluar selain mengucapkan allahu akbar. Airmata tiada henti keluar dari mata yang juga tiada berhenti menatap kabah. Inilah tempat dimana seluruh umat muslim menghadap saat melaksanakan sholat. Inilah kiblat ku. Kami melaksanakan umrah, tawaf yaitu mengelilingi kabah sebanyak 7 kali, dengan aturan-2 yang sudah dijelaskan oleh pembimbing rombongan, kemudian sa’I dan diakhiri dengan memotong sebagian rambut atau tahalul. tidak lupa juga kami berdoa di multazam. Tempat ini diyakini adalah tempat berdoa yang paling baik. Segala doa, in sya allah akan terkabul. Rangkaian ibadah umrah diakhiri dengan tahalul, yaitu memotong sebagian rambut. setelah tahalul, maka wajib umrah pun selesai di lakukan. sambil menunggu anggota rombongan lain, kami pun beristirahat di pelataran mesjid, sambil mengagumi keindahan masjidil haram diwaktu malam. Saat kami pulang menuju hotel, kami banyak berpapasan dengan jamaah lain yang akan melaksanakan tawaf. Semakin malam, semakin banyak orang. Kami pun mengakhiri hari dengan segera masuk kamar dan beristirahat. Semoga ibadah kami hari ini diterima allah swt

IMG-20130209-00073

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s