Makkah & City tour

Hari ini tidak ada kegiatan selain memperbanyak ibadah di masjidil haram. Tentu di selingi oleh jalan-jalan di seputar mesjid. dari mulai keluar lobi hotel sampai di depan pelataran mesjid, dipenuhi oleh berbagai pedagang yang menjual berbagai macam pakaian, kerudung, dll. Belum lagi mall yang berjejer di depan mesjid, salah satu nya adalah zam zam tower.

Zam zam tower merupakan bangunan atau gedung tertinggi yang relatif masih baru. di puncaknya berdiri jam besar yang sangat indah. Zamzam tower terdiri dari beberapa hotel bintang 5, dan pusat perbelanjaan. Lantai bawah diisi dengan pusat perbelanjaan dan lantai atasnya adalah hotel mewah dan eksklusif. Jemaah yang menginap di zamzam tower hanya perlu berjalan beberapa meter saja menuju masjidil haram. Karena kemudahan itu, tentunya harga yang harus di bayarpun tidak lah murah. Kami yang tidak menginap di zamzam hotel, cukup mengagumi kemewahannya dari luar saja. Berfoto di beberapa bagian zamzam tower, sudah cukup untuk kami. Ini fotonya….

Image

Image Image

Di saat siang seperti ini, kami bisa melihat dengan jelas masjidil haram. Rupanya beberapa bagian masjidil haram sedang mengalami renovasi besar-2an. Renovasi dikerjakan siang malam, sepertinya mengejar waktu agar bisa selesai saat musim haji mendatang.

Puas berkeliling mall, kami segera pulang ke hotel, makan malam dan istirahat. Ada satu hal yang berkesan untuk kami selama mengikuti paket dari amwa tour ini adalah, ketersedaian makanan yang sangat berlimpah dan sesuai dengan selera (terutama) kami berdua. Sampai-2 kami berdua, sangat jarang makan diluar hotel, karena sudah sangat cukup konsumsi yang diberikan oleh pihak hotel. salut buat amwa!!

Keesokan hari nya adalah city tour mekkah. Kami akan mengunjungi beberapa tempat diantaranya jabal  tsur, jabal rahmah, arafah, muzdalifah, mina, pemakaman mala dan mesjid jin. Beberapa diantaranya, hanya kami lihat dari jendela bus.

Seperti biasa setelah semua kumpul di lobby, kami segera masuk ke bus. Tempat pertama yang kami datangi adalah jabal Tsur.

Jabal tsur berjarak sekitar 7km dari masjidil haram dan merupakan salah satu tempat bersejarah di mekkah

Image

Setelah dari jabal tsur , bus  bergerak menuju padang arafah, dan jabal rahmah. Bila bukan musim haji, di padang arafah tidak ada kegiatan, hanya hamparan tanah kosong saja. Tetapi bila musim haji tiba, padang arafah menjadi salah satu tujuan wajib haji. Jadi bisa dibayangkan suasana nya seperti apa. Dari padang arafah kami menuju jabal rahmah.

Image

ImageJabal rahmah atau gunung kasih sayang merupakan tempat pertemuan nabi Adam dan Hawa setelah terpisah dari sorga dan turun ke bumi. Jabal rahmah tingginya sekitar 15 meter, tetapi karena udara yang cukup panas, tangga yang berkelok dan padatnya pengunjung yang akan naik ke atas, membuat tenaga kami cepat terkuras

Kami tidak lama di jabal rahmah, karena panas yang semakin terik. Perjalanan di lanjutkan menuju arafah, muzdalifah, mina. Tetapi kami tidak turun di tempat2 tersebut, hanya mengambil beberapa gambar dari bus dan mendengarkan keterangan-2 yang disampaikan pembimbing. Begitupun di mesjid jin dan pemakaman mala.

Image

Image

Image

ImageSebelum sholat dhuhur, kami sudah kembali ke hotel. setelah beristirahat sebentar kami bersiap untuk ke mesjid. sepertinya siang ini kami akan melewatkan makan siang di hotel. setelah sholat, kami akan jalan-jalan, mencari oleh-2 untuk kerabat,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s