Hari-hari terakhir di Makkah

Hari hari terakhir di makkah, kami habiskan untuk sholat di masjidil haram (dan belanja juga). Sepertinya di detik-detik terakhir, ada saja yg belum terbeli. Sisa waktu kami pakai untuk berkemas. Pembimbing sudah mewanti-wanti semua peserta rombongan agar hati hati dengan berat barang bawaan. Jangan sampai berlebih karena jadi masalah. Setiap orang dapat jatah bagasi sekitar 30kg, diluar air zamzam. Karena air zamzam tidak dibawa sendiri-2 tetapi pihak travel yang sudah mengurusnya. Malam menjelang kepulangan ke tanah air, terjadi kehebohan di setiap lantai rombongan kami menginap. Masalahnya, rebutan timbangan dan re-packing bawaan yang melebihi ketentuan…. Suasana nya ramai dan sangat kekeluargaan…. Selesai packing, seluruh koper disatukan di tempat yang sudah disediakan pihak hotel untuk besok pagi diberangkatkan ke bandara

Malam harinya kami melakukan tawaf Wada. Tawaf wada disebut juga tawaf perpisahan. Perpisahan dengan baitullah dan masjidil haram. Tawaf wada merupakan rangkaian terakhir ibadah haji atau umrah. Dalam hati saya, berharap bisa kembali lagi ke mekkah bersama keluarga. Aamiin….

Image

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Image

Image

 

 

 

 

 

 

Image

Image

 

 

 

 

 

 

 

Image

 

Image

 

 

 

Keesokan harinya, setelah sholat shubuh kami menuju bandara. Pesawat emirates yangakan membawa kami ke dubai, take off sekitar pukul 10.00 pagi. Perjalanan mekkah –jeddah kami tempuh sekitar 1 jam an. Makan pagi dibagikan di bandara. Kami akan terbang menuju dubai  dan rencana nya menginap 1 malam di dubai. Fasilitas ini sepertinya diberikan oleh pihak airlines. Jadi kami bisa city tour dubai, walaupun waktunya sempit.

Rencana tinggal rencana… ternyata pengurusan visa on arrival dubai dan pengurusan akomodasi  tidak semudah yang kami kira. Apalagi rombongan kami tidak semuanya bisa mengurus sendiri visa nya. Jadi kami saling bantu untuk pengurusan visa. Dan ini tentu saja sangat menghabiskan waktu. Akhirnya kami baru bisa keluar bandara sekitar jam 06.00 sore. Kami hanya punya waktu maksimal sampai jam 09.00 malam untuk keliling-2 dubai pakai bus. Aaahh,,,, sayang banget!! Ada rasa kesal, karena beberapa rencana gagal. Untuk sekedar ambil foto di gedung tertinggi pun tidak bisa lagi kami lakukan karena matahari sudah terbenam, tidak keliatan obyeknya…. Halah….

Image

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Image

Image

ImageYang masih sempet mungkin melihat dancing water dubai mall. Itupun waktunya sangat terbatas, tapi cukup menghibur.

Jam 10.00 malam kami tiba di hotel yang sudah disediakan pihak emirates. Hotelnya lumayan, dapat makan pula. Emirates ini memang bener-2 airlines kayaraya. Semua penumpang diberi fasilitas yang oke.

Esok paginya, kami sudah berkemas. Perjalanan akan dilanjutkan menuju Jakarta. Masih ada waktu, untuk mengobati kekecewaan tidak bisa city tour di kota dubai, kami memuaskan mata di bandara dubai yang lebih mirip shopping mall. Lumayan bisa belanja pernak-pernik,,,,

Image

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jam 11.00 waktu dubai, pesawat kami take off Perjalanan ditempuh sekitar 9 jam. Kami tiba di tanah air sekitar jam 10 malam. Disini, saya dan suami berpisah dengan rombongan, karena kami dijemput salah satu anak kami.

Terima kasih untuk amwa travel, Bapak pembimbing kami, ust Tharmiyez, Bp. Dadang yang sudah membantu kami selama di mekkah dan madinah… dan seluruh anggota rombongan lain semuanya baik-2, bodor-2, sehingga kami bisa kompak . jempol dehhh>>>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s