Mudahnya mengurus paspor

Waah… Udh lama banget nih ga pernah ngeblog. Berasa jd orang sibuk aja. Untuk pembukaan setelah lama ga nulis, aku pengen share tentang mengurus paspor (online).

Kebetulan akhir tahun ini paspor aku dan suami habis masa berlaku nya. Jadi mumpung ada waktu, kita coba apply paspor online. Coba coba kita buka web nya imigrasi. Web nya gampang kok ga bikin pusing alias friendly.. Isi form untuk penggantian paspor perseorangan. Setelah itu akan ada notifikasi ke email kita bahwa data sdh di terima dan kita dapat satu lampiran untuk bukti pembayaran biaya pembuatan paspor. Bayarnya ke bni 46. Oh ya, biaya nya rp. 355.000,-. Data yg sudah kita isi berlaku untuk 5 hari. Bila sampai waktu yang sdh di tentukan kita belum membayar ke bank maka sistem akan menghapus data yang sdh masuk. Artinya kita harus mengisi ulang data bila akan membuat paspor lagi.

Kami waktu itu melakukan pembayaran hari senin. Setelah mendapatkan resi pembayaran dari bank, kita buka kembali lampiran dari email sebelumnya. Kemudian kita akan dapat jadwal kapan kita harus menyerahkan surat surat yang diperlukan, sekaligus wawancara dan foto.

setelah memilih waktu, kita datang hari kamis pagi dengan membawa syarat syarat yang dibutuhkan. Kita sampai ke kantor imigrasi (bandung) jam 8 kurang. Dan ternyata kantor imigrasi sdh buka.

Yang buat kita terkejut adalah pembuatan paspor sekarang sudah jauh berbeda dengan saat saya buat paspor lama 5 tahun yg lalu. Dulu saat menyerahkan data kita harus pindah2 ruangan, antrian yang penuh, dan banyaknya orang orang penjual jasa pembuatan paspor. Ribet deh….

tapi sekarang… 2 jempol untuk kantor imigrasi!!! Antrian sangat tertib memakai no layaknya antrian di bank. Belom lagi pelayanan petugas nya yg begitu cepat. Dari mulai masuk, antri no, ambil map kuning sampai proses pemanggilan sangat cepat. Petugasnya memakai sistem one Ā stop service. Jadi dari penyerahan data, wawancara sampai foto dilakukan oleh 1 orang petugas. Ini sangat mempercepat proses pembuatan. Oh ya, ternyata sekarang jumlah pendaftar di batasi sebanyak 250 orang untuk online dan 250 orang untuk yang biasa. Kita hanya perlu waktu kurang dari 30 menit untuk membuat paspor. Hebat kan…!!!

Paspor selesai dalam jangka 3 hari kerja.

Bener bener perubahan yang bagus untuk kantor imigrasi. Antrian yang tertib, kantor yang bersih, disediakan aqua dan permen lagi buat yang nunggu. Dan yang penting bersih dari orang penjual jasa pembuatan paspor. Semua orang jadi mengurus sendiri karena sekarang membuat paspor demikian mudahnya.

itu cerita pembukaan dari aku… Besok2 posting cerita yang lain yaaa…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s